Pengertian Ip Address dan Pembagian Kelas Ip Address

Pengertian Ip Address dan Pembagian Kelas Ip Address merupakan suatu acuan dalam sebuah dasar jaringan yang wajib kita pahami. Untuk melangkah lebih dalam ke jaringan pahami dulu konsep dasar jaringan antara lain pengertian jaringan komputer, ip address,mengenal dan menghitung subneting, topologi jaringan, osi layer.

Pengertian Ip Address

Ip Address adalah sebuah alamat ip numerik pada komputer untuk menghubungkan satu atau lebih komputer dalam satu jaringan. Ip Address memiliki 4 blok, setiap blok terdapat rentang ip 0-255 dan disetiap blok memiliki 8 bit jika terdapat 4 blok maka total semua 32 bit, Ip Address memiliki 2 bagian yaitu Network ID dan Host ID. Misal Ip Address 192.168.18.1 , Networknya adalah 192.168.18 dan Hostnya adalah 1, agar komputer satu dengan lainya dapat terhubung Network ID harus sama dan Host ID harus beda. Kalau kita misalkan Network ID adalah Sekolah dan Host ID adalah nama siswa. Walaupun semua siswa dalam satu sekolah yang sama tetapi tidak mungkin kalau semua siswa itu sama.

Ip address terdiri dari 4 oktet


Pembagian Kelas Ip Address

Dalam pembagian kelas Ip Address, Ip Address di bagi menjadi 5 kelas :

Kelas A , pada kelas A 8 bit pertama / blok ke 1  adalah Network ID dan 24 bit lainya / blok 2,3, dan 4 adalah Host ID dan memiliki rentang ip 0 sampai 126.

Kelas B , pada kelas B 16 bit pertama / blok 1 dan 2 total 16 bit adalah Network ID dan 16 bit lainya / blok 3 dan 4 adalah Host ID.

Kelas C, pada kelas C 24 bit pertama / blok 1 dan 2 total 24 bit adalah Network ID dan 8 bit lainya / blok 4 adalah Host ID.

Kelas D, pada kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer. kita tidak perlu mementingkan kelas ini.

Kelas E, pada kelas E digunakan untuk eksperimen untuk penggunaan Ip Address di masa depan.

Pembagian Kelas IP Address


Dalam kehidupan sehari-hari kita hanya berfokus pada kelas A,B, dan C , kita tidak perlu mementingkan kelas D dan E.

Baca juga artikel tentang Pengertian Jaringan Komputer

Demikian artikel tentang Pengertian Ip Address dan Pembagian Kelas Ip Address , semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Ip Address dan Pembagian Kelas Ip Address"

Posting Komentar